Apa Itu BPJS Kesehatan ? Apa Saja Manfaat Nya ?

BPJS Kesehatan

Kebanyakan dari kita mungkin sudah mendengar mengenai BPJS Kesehatan, akan tetapi apakah banyak yang tidak tahu secara menyeluruh apa yang dimaksud BPJS Kesehatan ini ? Salah satu BUMN ini memiliki nama asli yaitu PT. Askes Indonesia yang tadi nya bernama ASKES dan sekarang berubah seperti yang telah kita ketahui yaitu BPJS. Nama BPJS itu sendiri merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan . Di resmikan sejak Januari tahun 2014 oleh pemerintah Indonesia. Operasional lembaga penjamin kesehatan sosial ini  sudah di atur dalam UU No.40 Tahun 2004. Dengan ada program ini maka seluruh rakyat Indonesia wajib untuk Daftar BPJS Kesehatan atau setidaknya harus memiliki asuransi kesehatan .

Kenapa BPJS Kesehatan Penting ?

Hal ini berdasarkan dari pasal 14 dalam undang-undang, inti dari undang-undang tersebut ialah setiap perusahaan di wajibkan untuk mendaftarkan karyawannya sebagai anggota B P J S untuk mendapatkan asuransi kesehatan hal ini dilakukan demi tingkat kesehatan bangsa yang lebih baik . Maka dari itu begitu pentingnya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial menjadi alasan banyak sekali orang yang bahkan memiliki bpjs kesehatan dan bpjs ketenagakerjaan sekaligus .

Banyak sekali keuntungan menjadi anggota BPJS. Keuntungan yang didapat sebagai anggota adalah salah satunya limit B P J S Kesehatan itu tidak terbatas, kemudian pembayaran iuran yang fleksibel , lalu juga menjamin pembiayaan pengobatan seumur hidup , selanjutnya juga mudah untuk menjadi anggota nya . Akan tetapi di balik banyaknya keuntungan ada beberapa hal yang tidak ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Baik itu dari obat maupun penyakit yang bisa di tanggung .

Apa Saja Manfaat BPJS Kesehatan ?

BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui betapa pentingnya BPJS Kesehatan,  kami juga akan membahas apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda menjadi anggota atau peserta dari asuransi kesehatan nasional ini. Berikut kami rangkum 6 Manfaat BPJS Kesehatan :

1. Anda bisa berobat di fasilitas kesehatan tingkat pertama mana saja yang bekerja sama.

2. Semahal apapun obat dari penyakit peserta, BPJS menanggung semua nya tanpa perhitungan dan batas sampai anda sembuh.

3. Semua peserta yang baru pertama kali ingin berobat dapat langsung berobat tanpa perlu melakukan medical checkup

4. Bukan hanya obat saja yang BPJS tanggung, tetapi juga alat kesehatan seperti kacamata untuk yang memiliki gangguan penglihatan, collar neck bagi yang bermasalah dengan leher nya

5.  Pelayanan untuk memanggil ambulans juga salah satu yang di tanggung BPJS Kesehatan.

6. Tidak ada pengecualian dalam hal pelayanan dan juga tidak ada prioritas antara setiap kelas hanya berbeda ruangan saja.

Kelebihan dan Kelemahan BPJS Kesehatan ?

Setiap hal di dunia ini pasti memiliki kelebihan dan kelemahan, tidak terkecuali program kesehatan pemerintah yang satu ini berikut kami jabarkan masing-masing 6 Kelebihan dan Kekurangan dari asuransi pemerintah ini:

Kelebihan Kartu BPJS

  1. Harga relatif terjangkau
  2. Bisa berobat tanpa perlu medical check up terlebih dahulu
  3. Semua peserta di layani tanpa pandang bulu
  4. Terjamin pengobatan seumur hidup selama anda membayar iuran anda
  5. Wajib semua rakyat Indonesia miliki
  6. Mudah sekali untuk daftar bpjs kesehatan online dan anda juga bisa cek data seperti cek bpjs kesehatan online dengan menggunakan mobile JKN

Kekurangan Kartu BPJS

  1. Ada nya kelas atau tingkat berjenjang dalam keanggotaan nya.
  2. Hanya dapat di gunakan dalam wilayah negara Indonesia saja.
  3. Proses pembuatan cukup panjang.
  4. Semakin tinggi kelas nya semakin terbatas kuota pendaftarannya.
  5. Tidak semua hal bisa di cover.
  6. Terkadang sulit sekali mengakses website resmi program kesehatan ini.

Berapa biaya bayar bulanan BPJS Kesehatan ?

Asuransi kesehatan ini memiliki Jenjang dengan 3 Kelas yaitu Kelas I, Kelas II dan Kelas III. Tidak perlu khawatir, karena setiap kelas sama-sama memiliki limit yang tidak terbatas, hanya saja perbedaan nya terletak pada saat anda rawat inap di rumah sakit maka anda akan hanya di izinkan menggunakan kamar sesuai Kelas BPJS anda.

Berikut biaya Daftar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial berdasarkan peraturan BPJS resmi yang terbaru :

  • Kelas I : Rp. 150.000
  • Kelas II : Rp. 100.000
  • Kelas III: Rp. 35.000

Jika anda ingin membayar biaya pendaftaran dan juga bayar bulanan, anda bisa bayar melalui Bank yang bekerja sama dengan B P J S Kesehatan beberapa di antaranya ada Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA. Anda bisa cek tagihan BPJS Kesehatan dengan berbagai cara yang mudah. Info lebih lanjut anda juga bisa menghubungi Call center BPJS Kesehatan:  1500400

Apa Saja Penyakit Yang Tidak Ditanggung Kartu BPJS ?

Seperti sebelumnya yang sudah disinggung di atas, walaupun asuransi ini tidak memiliki batas bukan berarti semua masalah medis di cover, ada beberapa masalah medis yang tidak di tanggung program kesehatan ini , berikut beberapa di antaranya adalah.

  • Perawatan kecantikan dan segala macam tindakan medis untuk estetika
  • Perataan gigi seperti penggunaan behel
  • Penyakit mandul atau kurang subur
  • Luka akibat tindak pidana dan kriminal serta lain sebagai nya
  • Penyakit akibat alkohol dan ketergantungan obat terlarang
  • Alat dan obat kontrasepsi
  • Luka akibat kejadian yang bisa di cegah seperti tawuran
  • Penyakit akibat usaha menyakiti diri sendiri
  • Pengobatan sakit ke luar negeri
  • Penyakit akibat kekerasan seksual dan penganiayaan

Intinya adalah semua penyakit yang di sengaja kemudian akibat kesengajaan diri sendiri selanjutnya tindakan medis untuk keindahan tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan ini.

Kesimpulan

Jika anda masih ragu setelah mendaftar ataupun merasa tidak membutuhkan lagi asuransi kesehatan ini dan berpikir ” Apa BPJS bisa di cairkan ?” jawabannya adalah TIDAK dan hanya BPJS Ketenagakerjaan saja yang dapat anda cairkan .

Setelah mengetahui semua hal yang telah kami jelaskan mungkin anda akan bertanya ” apakah kartu BPJS bisa langsung di pakai setelah di gunakan ? ” Jawaban nya ialah bisa langsung anda gunakan setelah daftar .

Sekian artikel ” Apa Itu BPJS Kesehatan ? Apa Saja Manfaat Nya ? ” semoga artikel yang kami tulis ini bisa bermanfaat bagi anda yang masih bimbang atau bingung mengenai program kesehatan pemerintah ini.