Apa itu Covid Varian Omicron ? Ketahui Lebih Lanjut Disini!

Ketika semua orang berharap Covid 19 segera berakhir dengan vaksin covid yang sudah merata di seluruh dunia, muncul berita varian Covid Omicron yang merebak pada pertengahan November 2021 kemarin. Penyebaran varian virus jenis baru ini membuat banyak orang kembali khawatir terutama bagi para orang tua yang baru saja anak-anak mereka dapat kembali sekolah tatap muka .

Covid 19 varian baru ini di katakan lebih cepat menular, lebih ganas dan memiliki ciri berbeda dari varian sebelumnya. Untuk lebih jelas, simak berikut hal-hal yang perlu anda ketahui soal Covid varian Omicron.

Apa Itu Covid Varian Omicron ?

Covid varian omicron

Varian baru virus corona , yang dikenal dengan Covid Omicron ini mulai menyebar di Afrika Selatan sejak November 2021, seperti yang diumumkan pemerintahan negara di Benua Hitam ini pada 25 November lalu.

Berita varian Covid-19 Omicron ini tentunya membuat dunia kembali bergejolak. Kabar menyebutkan bawah varian ini memiliki 50 mutasi pada spike virusnya sehingga lebih mudah masuk ke sel dan mempercepat penularan.

Varian baru ini mampu menghindari antibodi yang di bentuk vaksin maupun antibodi alami yang di bentuk setelah sembuh dari virus corona jenis ini. Covid Varian Omicron juga telah di temukan di beberapa negara seperti Jerman, Italia, Inggris, Belanda, Belgia, Botswana, Israel,  Arab Saudi dan Hongkong.

Gejala Varian Covid Omicron

Gejala Covid Omicron berbeda dari kebanyakan  varian covid yang sudah berjangkit sebelumnya. Pasien pengidap Omicron yang ditemukan di Afrika selatan , awalnya pasien terdeteksi mengalami gejala awal covid ini tanpa batuk ataupun sakit tenggorokan.

Adapun 5 gejala covid varian omicron ini antara lain :

  1. Rasa nyeri pada otot
  2. Rasa lelah yang ekstrem
  3. Tidak enak badan dan lemas
  4. Berkeringat di malam hari disertai sakit kepala.
  5. Ada juga beberapa kasus yang disertai demam dan batuk kering.

Namun meski terasa ringan, Virus Omicron ini menyerang lebih cepat bahkan orang yang sudah pernah terkena Covid masih bisa terserang kembali. Kebanyakan kasus yang ditemuai dari virus Omicron ini adalah orang dengan usia muda yang belum mendapatkan vaksin.

Perbedaan Omicron dengan varian virus covid lain

WHO telah menetapkan varian Omicron sebagai variant of concern (VOC), yang artinya lebih ganas dari varian sebelumnya. Omicron memiliki perbedaan dari Covid-19 lain karena mampu 30 sampai 50 kali bermutasi.

Mutasi ini terjadi pada bagian spike atau paku protein yang ada pada virus. Bagian spike inilah  yang membantu virus memasuki sel. Dengan kemampuan mutasi yang lebih memberikan kemudahan bagi virus memasuki sel dan menginfeksi tubuh. 

Dengan kemampuan mutasi virus ini, kekhawatiran muncul jika kinerja vaksin covid tidak akan mampu mengatasi serangan Omicron. Sehingga tidak lagi efektif. Namun saat ini masalah terkait tipe baru virus corona Omicron ini masih dalam penelitian intensif.

Cara Pencegahan Omicron

Covid varian omicron
Gambar cara pencegahan virus Omicron dari kemenkes

Berita varian Covid Omicron ini tentunya menimbulkan keresahan baru, apalagi dengan penyebarannya yang lebih cepat. Untuk itu yang terbaik adalah melakukan antisipasi dengan melakukan pencegahan dengan mengikuti protokol kesehatan .

Berikut hal penting yang perlu anda lakukan untuk melakukan pencegahan penularan Corona jenis Omicron.

  • Selalu patuhi aturan Protokol kesehatan 5M dengan memakai masker
  • Tetap jaga jarak dengan minimal 1 meter jauhnya dari orang lain
  • Meningkatkan sirkulasi udara bersih dengan membuka jendela
  • Hindari ruangan dengan ventilasi buruk
  • Hindari berbaur dengan kerumunan
  • Selalu jaga kebersihan tangan dengan mencuci pakai sabun atau memakai hand sanitizer
  • Bagi yang belum vaksin sama sekali , segera lakukan vaksin di lokasi dekat rumah yang sudah pemerintah sediakan

Penutup

Berita varian Covid Omicron memberikan keresahan baru setelah kasus Covid-19 mulai menurun. Namun, yang terbaik dalam masalah ini adalah fokus untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga. Tetap patuhi protokol kesehatan 5M: mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir , memakai masker yang sesuai standar medis yang direkomendasikan WHO , menjaga jarak dengan orang lain maupun kerabat ketika bertemu maupun diluar ruangan, menghindari kerumunan dan pergi ke tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan, membatasi aktivitas bepergian jika tidak penting. Walaupun sudah vaksin lengkap jangan sampai lengah dan merugikan diri anda sendiri maupun keluarga.